Selasa, 11 September 2012

jenis dan dekorasi


JENIS
Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok.
Ø    Butter cake atau shortened (cream cake)
            Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.
Ø     Sponge cake (foam cake)
            Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.
            Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:
1.      Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
2.       Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
3.      Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).  Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.


DEKORASI
Cake yang sudah matang dibiarkan hingga dingin dan dihias dengan krim mentega atau fondant, dengan tambahan cokelat butir, permen berwarna-warni, dan marshmallow. Hiasan kue tart disebut icing (frosting) karena umumnya dibuat dari adonan gula halus (icing sugar) dan putih telur.           
Selain produk dari plastik yang bisa dibeli di toko, berbagai bentuk hiasan dan boneka kecil biasanya dibuat dari marzipan atau fondant. Kue pernikahan umumnya diberi hiasan boneka pasangan pengantin, sedangkan kue tart ulang tahun untuk anak-anak diberi hiasan berupa ornamen, boneka karakter anime, atau tokoh kartun.
Alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk menghias kue :
1.      Lazy susan (piring berputar)
Alat untuk meletakkan kue yang ingin dihias. Kue diputar sewaktu melapisi permukaan kue dengan krim mentega atau ganache (coklat cair) sambil diratakan dengan pisau palet (spatula) atau potongan plastik (scrapper).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar